Overseas Chinese Association

Overseas Chinese Association
華僑協會總會


Pada akhir abad ke-19, terjadi banyak peperangan seperti  negara Barat menyerang negara China dan Invasi Jepang ke China. Peperangan ini berdampak besar kelangsungan hidup bangsa China. Lalu Sekretaris Jendral Kuomintang Wu Tiesheng, yang memerintahkan agar Nanyang meminta tanggapan antusias dari luar negeri mengenai anti-Jepang untuk memberikan kontribusi dan dukungan penuh. Seketaris Jendral Wu merasakan perasaan nasional, bersama dengan Ma Chaojun dan 52 orang lainnya, pada 10 Mei 1942 di Chongqing, mendirikan “Asosiasi Tionghoa Asia Tenggara (Southeast Asian Overseas Chinese Association), dimana Jendral Wu sebagai presiden pertama.

Pada tahun 1945 dengan kemenangan perang dengan negara-negara lain. Negara di luar negeri China yang juga memperhatikan patriotisme meminta untuk bergabung, mendukung rekonstruksi negara mereka. Oleh karena itu, untuk menyatukan orang Tionghoa perantauan di seluruh dunia, Overseas Chinese Association diperluas untuk sebagai pilar penting untuk mendukung Pemerintah.

Tugas dan Fungsi OCAH


  1. Merencanakan dan mengadakan pengembangan Informasi dan Teknologi.
  2. Merencanakan dan melaksanakan pengembangan bidang akademis
  3. Merangkul mahasiswa-mahasiswi overseas dari seluruh negara.
  4. Menjaga dan memberikan pelayanan kepada kaum wanita.
  5. Mengadakan acara dan kegiatan volunteer.
  6. Mengadakan kegiatan kebersamaan dalam lingkup domestik.
  7. Penyalur Informasi dan penghubung dengan negara China Mainland.
  8. Sebagai penanggung jawab atau Contact person Permaslahan Overseas.

Alamat

10548台北市松山區敦化北路232號6樓

6thF, 232, DunHua N. Road Taipei, Taiwan, R.O.C

Telepon

(+886) 2 27128450

(+886) 2 27128465  

Fax

(+886) 2 27131327


Indonesia Overseas Chinese Association

Indonesia Overseas Chinese Association
中華民國印尼歸僑協會


Tokoh-tokoh Hwa Kiao dari Indonesia yang datang ke Taiwan sebelum di Indonesia terjadi peristiwa diskriminasi demi memberikan bantuan dalam segala bidang kepada Hwa Kiao Indonesia yang datang dari Indonesia sejak 1958, mencakup bidang investasi, beli rumah, beli tanah, buka usaha dan segala informasi yang diperlukan, maka pada tahun 1958 mendirikan Perkumpulan Perantauan Tionghoa Dari Indonesia yang berkantor di daerah Yong He Kabupaten Taipei. Tahun 1986 berdaftar kepada Pemerintahan kabupaten Taipei menjadi organisasi massa yang resmi, diberi nama Indonesian Overseas Chinese Association Kabupaten Taipei. Demi memperluas wilayah pelayanan, tahun1989 mendirikan Indonesian Overseas Chinese Association ROC (IOCA). Dua organisasi ini hidup berdampingan, dua jadi satu.

IOCA menyediakan ruangan kepada saudara-saudara setanah tumpah darah untuk bersilahturami, bersidang, berekreasi, dan mengadakan kegiatan lainnya. Rutinnya, Sabtu mengadakan pelatihan tarian daerah Indonesia. Minggu siang mengadakan pelatihan paduan suara lagu-lagu nasional dan lagu daerah Indonesia, main angklung serta berkara oke.

IOCA mengadakan pemilihan anggota panitia pengurus di tiap 3 tahun. Mengadakan sidang umum di tiap awal tahun Imlek. Dalam sidang, selain melaporkan administrasi dan menetapkan anggaran belanja untuk tahun mendatang, juga membagikan Bea Siswa kepada anak-anak anggota tetap IOCA dan pelajar-pelajar etnis Tionghoa dari Indonesia yang sedang berstudi di SMA dan Universitas di Taiwan. Pokoknya, IOCA memberikan segala bantuan kepada setiap pelajar Indonesia yang sedang melanjutkan studi di Taiwan.

Tugas dan Fungsi IOCA


Tugas yang ditetapkan piagam IOCA, selain memberikan bantuan kepada Hwa Kiao Indonesia yang berada di Taiwan, terpenting ialah untuk mempererat tali persaudaraan Hwa Kiao pendatang dari Indonesia yang berdomisili di Taiwan. Maka itu IOCA menerbitkan majalah The Voice Of Overseas Chinese From Indonesia, dan dengan cumah-cumah dibagikan kepada mereka, majalah ini juga sampai ke Indonesia, Malaysia, Australia. Kanada, Amerika, dll. Supaya mereka saling mengetahui keadaan kehidupan saudara-saudara setanah air di masing-masing negara yang mereka huni.

Alamat

7th Floor, No.2, No.4, No.6 Yong He Road, Yong He District, New Taipei City

Telepon

(+886) 2 29231525

Fax

(+886) 2 29238973

Email

ioca@ms52.hinet.net


Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei

Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei
駐印尼台北經濟貿易代表處


Keberadaan Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei seperti sekarang ini dapat diurut dari peristiwa-peristiwa penting berikut:

  1. Tahun 1967, diawali dengan penempatan petugas dari Badan Koordinasi Intelijen (BAKIN) di Taiwan berkedudukan di Taipei.
  2. Tahun 1970, secara resmi dilakukan pembentukan Kamar Dagang Indonesia (KADIN) di Taipei yang dipimpin oleh Bapak Irawan Soekarno. Pejabat-pejabat yang ditempatkan dalam kantor ini berasal dari BAKIN dan Imigrasi.
  3. Sejak tahun 1990 mulai ditempatkan pejabat-pejabat dari bidang ekonomi seperti dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan dari Departemen Perindustrian. Pembinaan terhadap kantor KADIN ini dilakukan oleh BAKIN.
  4. Tahun 1994, melalui Keputusan Presiden nomor 48/1994 tertanggal 7 Juli 1994 KADIN ditingkatkan menjadi Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei sebagai lembaga ekonomi bersifat non- pemerintah di bawah pembinaan oleh Menteri Perdagangan.

Dengan terbitnya Keputusan Presiden tersebut maka nama Kamar Dagang Indonesia (KADIN) di Taipei berubah menjadi Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei, disingkat menjadi KDEI Taipei.

Tugas dan Fungsi KDEI


  1. Memperluas, memperlancar, dan meningkatkan kerjasama ekonomi dan perdagangan dalam arti yang seluas-luasnya antara Indonesia dan Taiwan.
  2. Mewakili dan melindungi kepentingan ekonomi dan warga negara Indonesia.
  3. Meningkatkan hubungan ekonomi, perdagangan, industri, investasi dan pariwisata.
  4. Mendorong kerjasama antara dunia usaha.
  5. Memberikan pelayanan informasi dan membantu kelancaran pemasaran komoditi ekspor Indonesia ke Taiwan.
  6. Melakukan kegiatan promosi dan penerobosan pasar.

Alamat

6F, No.550, Rui Guang Road, Neihu District, Taipei 114, Taiwan, ROC

Telepon

(+886) 2 87526170

Fax

(+886) 2 87523706

(+886) 2 8752-3587


Ikatan Citra Alumni Taiwan se-Indonesia

Ikatan Citra Alumni Taiwan se-Indonesia
印尼留台校友會


Ikatan Alumni Citra Taiwan se-Indonesia (ICATI) adalah sebuah organisasi non-profit. Organisasi ini didirikan sekitar 39 tahun lalu oleh sejumlah alumni pelajar Indonesia yang menimba ilmu di Taiwan. Tujuannya apalagi kalau bukan membuat sebuah wadah komunikasi yang efektif untuk menyatukan mereka. “Dulu, hubungan komunikasi pelajar Indonesia yang menimba ilmu di Taiwan penuh dengan keterbatasan. Inilah yang melatarbelakangi dan memotivasi kami mendirikan ICATI,” tutur Ketua Umum ICATI Pusat se-Indonesia periode 2009-2012, Rini Lestari.

Sejak pertama kali didirikan, hingga kini ICATI mempunyai anggota sekitar 5.000 orang. Jumlah ini terus bertambah seiring semakin dikenalnya keberadaan ICATI di Indonesia. Hingga kini ICATI telah mempunyai 9 cabang di kota-kota Indonesia. Antara lain, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Palembang, Medan, Pontianak, Ujung Pandang, dan Bali.

Tugas dan Fungsi ICATI


Tujuan utama dari organisasi ini adalah untuk memperkuat jaringan antar sesama alumni, baik dalam hal kegiatan sosial maupun bisnis. Selain itu, roda organisasi ICATI juga acap diisi dengan berbagai kegiatan sosial seperti kunjungan ke panti jompo dan bakti sosial. Organisasi ini juga membuat seksi olahraga yang membentuk grup golf serta seksi pendidikan yang bertujuan membantu pelajar Indonesia yang hendak belajar ke Taiwan. ICATI juga rutin menerbitkan buletin untuk antar-alumni setiap tiga bulan sekali. Buletin ini disebarkan di kalangan anggota sebagai media komunikasi mereka.

Setiap tiga atau empat bulan sekali ICATI juga menggelar pertemuan dengan 108 pengurus. Para pengurus inilah yang bertugas memajukan ICATI dengan mensosialisasikan kepada masyarakat luas, terutama kepada mereka yang pernah atau sedang menuntut ilmu di Taiwan.

Alamat Pusat

Pangeran Jayakarta 24/ 1 - 2, Jakarta 10730, Indonesia

Telepon

(+62) 21 6496004

(+62) 21 6245508

Fax

(+62) 21 6498557


Overseas Community Affairs Council

Overseas Community Affairs Council
僑務委員會


Pada bulan Oktober 1926, sebagai tanggapan atas kekhawatiran pemerintah akan urusan luar negeri China, Dewan perwakilan permasalahan luar negeri (Overseas Community Affairs Council) dibentuk langsung di bawah Pemerintah Nasionalis. Langkah ini yang menempatkan OCAC di bawah Eksekutif Yuan menetapkan bahwa OCAC akan memiliki sekretariat, management luar negeri China, dan departemen pendidikan luar negeri China, serta bagian untuk pengelolaan dokumen, urusan umum, bimbingan, imigrasi, bimbingan pendidikan, serta divisi kebudayaan. Dengan begitu OCAC secara resmi didirikan pada bulan April 1932.

Struktur resmi organisasi OCAC terdiri dari Departemen Penelitian dan Pengembangan Kebijakan, Departemen Layanan Jaringan, Departemen Pendidikan, Departemen Bisnis, Konseling Mahasiswa Komputasi, Kantor Sekretariat, Kantor Personalia , Kantor Etika Pegawai Negeri Sipil, Kantor Akuntan, Kantor Manajemen Informasi, Kantor Berita, dan Komite Urusan Hukum.

Tugas dan Fungsi OCAC


  1. Mengelola penelitian, pengembangan, dan analisis kebijakan urusan luar negeri.
  2. Mengelola layanan penghubung ke asosiasi rekan satu negara di luar negeri.
  3. Membantu permasalahan sekolah dan pendidikan sosial bagi masyarakat luar negeri.
  4. Mendorong bisnis di luar negeri untuk melakukan pertukaran industri dan program pelatihan dengan industri dalam negeri.
  5. Memberikan bantuan dan bimbingan siswa kepada siswa asing yang kembali melanjutkan pendidikan tinggi di Taiwan.
  6. Mengelola hubungan karyawan dan masalah kepegawaian.
  7. Menyediakan penasihat hukum internal dan menangani masalah-masalah administratif yang berkaitan dengan hukum.

Alamat

3, 15-17F., No.5, Xuzhou Rd., Zhongzheng Dist., Taipei City 10055, Taiwan (R.O.C.)

Telepon

(+886) 2 2327 2600

Fax

(+886) 2 2356 6323