Kantor Pos Taiwan

Introduction


Negara Taiwan menyediakan satu fasilitas tabungan untuk pelajar-pelajar asing dimana para pelajarnya tidak dikenakan bunga setiap bulannya, yaitu sistem menabung di kantor pos (郵局). Selain bebas bunga, para pelajar juga dapat membuat kartu atm (郵政金融卡) yang dapat aktif baik sebagai kartu debit dan kartu kredit dan dapat di gunakan untuk penarikan uang hampir di seluruh atm bank lainnya di Taiwan.

Keterangan:

卡號           : Nomor Kartu
帳號           : Nomor akun bank
卡片效期   : Masa berlaku kartu
背面末3碼 : 3 digit CVC

Fungsi-Fungsi Kartu ATM


1. Penarikan tunai, tabungan, dan transfer uang
2. Dapat dijadikan sebagai kartu kredit untuk berbelanja, online shopping, dan lain-lain
3. Layanan pengecekan data asuransi pekerja

Syarat Pembuatan Kartu ATM


1. Sudah berumur 16 tahun keatas
2. Satu orang/satu nama hanya dapat membuka
satu akun kartu ATM

Document Pembuatan Kartu ATM


1. Kartu tanda pengenal diri (ARC) / passport
2. Cap nama mandarin
*Waktu pembuatan adalah 5 hari kerja

Untuk kamu yang ingin melakukan penarikan uang tunai menggunakan kartu ATM Indonesia, seperti BCA, CIMB Niaga, dan yang lainnya, di Taiwan. Dapat menarik uang tunai di convinient store terdekat  seperti 7-eleven atau Family Mart yang memiliki mesin ATM berlambangkan Cirrus. **

**Batas Penarikan uang dengan menggunakan kartu debit asing di Taiwan:

  1. Dalam sekali penarikan tidak dapat melebihi 20,000NTD.
  2. Dalam satu hari tidak dapat melakukan penarikan melebihi 50,000NTD.
  3. Dalam satu bulan tidak dapat melakukan penarikan melebihi 100,000NTD
  4. Penarikan menggunakan ATM asing di Taiwan dikenakan biaya 100NTD setiap pemakaian, ditambah dengan jumlah uang yang masih harus dibayar/diambil × 1,5% dari biaya internasional (biaya menyesuaikan dengan organisasi kartu masing-masing).


Visa Pelajar di Taiwan

Visa Pelajar di Taiwan


01. Bagaimana Caranya Saya Mendapatkan Visa untuk Pelajar di Taiwan?

Teman-teman yang ingin mendapatkan visa untuk Pelajar, dapat mengajukan Visa Residence terlebih dahulu dari negara asal kamu, dengan cara membawa dokumen-dokumen yang diperlukan ke kantor TETO (Taiwan Economic and Trade Office) di negara kamu.

Setelah itu, sesampainya di Taiwan kamu dapat mengganti visa residence tersebut dengan kartu residence bagi penduduk asing (Alien Residence Card) yang harus diperpanjang setahun, satu kali.

02.  Apakah Saya Memerlukan Visa Pelajar atau Cukup Dengan Visa Turis/Pengunjung? (Visitor visa)

Jika kamu berencana untuk tinggal di Taiwan lebih dari http://buymodafinil.org/where-to-buy-modafinil-online/, kamu harus membuat Visa Penduduk (Visa Residence) terlebih dahulu sesuai dengan jawaban pertanyaan nomor 1. Visa Residence memungkinkan kamu untuk tinggal di Taiwan dan belajar bahasa Mandarin hingga 180 hari selama kamu menjadi siswa tetap di sekolah dimana kamu diterima. Jika kamu memutuskan untuk tinggal atau belajar lebih lama dari 180 hari, kamu dapat mengajukan permohonan Kartu Penduduk Asing (Alien Residence Card/ARC) hanya setelah memiliki visa untuk pelajar. Satu-satunya cara untuk mendapatkan ARC adalah dengan memiliki visa residence terlebih dahulu.

03. Apa Saja yang dibutuhkan untuk pembuatan Visa Pelajar?

Untuk teman-teman yang mengikuti program foundation terlebih dahulu (印輔班/僑大), untuk mengajukan Visa Pelajar kamu harus membawa dokumen-dokumen berikut ke kantor TETO (Taipei Economic Trade Office) di negara kamu. Jika Anda sudah berada di Taiwan dan ingin beralih ke Visa Pelajar, Anda harus meninggalkan Taiwan terlebih dahulu lalu dapat mengunjungi kantor TETO di negara lain untuk mengajukan visa.

04. Jadi dengan Visa Pelajar di Taiwan, Saya Bisa Tinggal di Taiwan Selama Saya Masih Pelajar?

Tidak. Visa Pelajar berlaku maksimal 180 hari. Jika kamu tinggal di Taiwan dalam jangka panjang, diharapkan setelah bulan keempat kamu harus mengajukan permohonan Visa Penduduk Taiwan dan Kartu Penduduk Asing (ARC). Pada akhir 180 hari, jika kamu belum mengajukan visa penduduk dan Kartu ARC, kamu harus meninggalkan Taiwan dan mengajukan visa pelajar lagi.

Lalu, saat kamu memasuki Taiwan dengan visa pelajar untuk pertama kalinya, mereka akan memberi cap tanggal di adipex-phentermine.net - biasanya 60 atau 90 hari. kamu harus memperpanjang visa pelajar atau meninggalkan negara sebelum tanggal tersebut. Visa pelajar kamu dapat diperpanjang beberapa kali hingga maksimum 180 hari.

05. Formulir apa yang harus saya bawa untuk memperpanjang / memperbarui Visa Pelajar saya?

  1. Sertifikat Hasil penerimaan dari Sekolah Mandarin/Universitas kamu di Taiwan

  2. Catatan Kehadiran untuk Bulan Sebelumnya

  3. Paspor (Asli & Fotocopy)

**Catatan kehadiran diperlukan karena syarat untuk mendapatkan visa pelajar adalah jumlah kehadiran dikelas yaitu 15 jam/minggu


Pemilihan Jurusan dan Universitas

01

Tentukan terlebih dahulu jurusan apa yang ingin kamu ambil


Di Taiwan seluruh jurusan-jurusan yang ada, dibagi menjadi 3 group.

第一類組 (dì yī lèi zǔ )

第二類組 (dì èr lèi zǔ)

第三類組 (dì sān lèi zǔ)

  • Group Pertama (第一類組) adalah kelompok jurusan dengan basis Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) seperti Business, Management, Accounting, Design, Perhotelan, Hukum dan masih banyak lagi
  • Group Kedua (第二類組) adalah kelompok jurusan dengan basis Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang berhubungan dengan teknik. Contohnya seperti, Teknik Mesin, Arsitektur, Information & Technology (IT), Teknik Pangan, Teknik Kimia, dan lain-lain
  • Group Ketiga (第三類組) adalah kelompok jurusan dengan basis Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang berhubungan dengan Biologi. Contohnya seperti, bio-technology, Kedokteran Umum, Kedokteran gigi, Bio-Medical, dan masih banyak lagi.

02

Tentukan Universitas apa yang kamu inginkan


Universitas di Taiwan dibagi menjadi 2, Universitas Negeri (國立大學) dan Universitas Swasta (私立大學).

Perbedaanya, Universitas Negeri tentunya memiliki biaya kuliah yang lebih murah yaitu sekitar 30,000 – 40,000NTD/semester*. Sedangkan Universitas Swasta memiliki biaya kuliah yang lebih tinggi yaitu sekitar 60,000-75,000NTD/semester*. Namun dengan biaya kuliah yang lebih tinggi, Universitas-universitas swasta juga menawarkan banyak fasilitas lainnya kepada mahasiswa-mahasiswinya.

* Biaya perkuliahan dapat berubah tergantung jurusan yang diambil

03

Tentukan daerah Universitas yang kamu inginkan


Jika telah mengikuti 2 langkah sebelumnya dan kamu masih bingung dalam memilih universitas yang ingin kamu pilih, langkah terakhir adalah memilih universitas di daerah yang kamu inginkan.

Taiwan sendiri dapat dibagi menjadi 5 daerah, Bagian Utara (北部), Bagian Tengah (中部), Bagian Selatan (南部), Bagian Timur (東部) , dan luar pulau (離島).

Setiap daerah sebenarnya memiliki Universitas yang bagus, namun berdasarkan daerahnya, teman-teman semua dapat memilih berdasarkan daerah yang diingikan. Seperti daerah utara (北部) adalah daerah yang dekat dengan Ibu kota, dimana perkembangan transportasi pun lebih maju sehingga lebih memudahkan untuk berpergian. Namun tentunya biaya kehidupan pun lebih tinggi, berbeda dengan daerah Timur (東部) dan Tengah (中部) yang rata-rata biaya kehidupannya tidak setinggi daerah utara yang dekat dengan ibu kota.

Berbeda juga dengan daerah Selatan (南部) yang biaya hidup sehari-hari tidak setinggi daerah utara dan juga memiliki transportasi yang cukup mudah dengan adanya MRT (Mono Rail Train)  dan Bus Umum. Namun daerah selatan memiliki cuaca atau suhu yang bisa dibilang lebih panas dari pada daerah-daerah lainnya.

Untuk Referensi Universitas-Universitas yang ada di Taiwan dapat dilihat melalui Link berikut, yang dibagi berdasarkan daerah-daerah yang telah dijelaskan. Untuk melihat lebih jelas mengenai universitas yang diingikan, tinggal meng-click logo yang ada.

[ http://www.studyintaiwan.org/survey/university_list.html ]

Salam PERPITA