Bagi teman-teman yang mulai mempunyai ketertarikan untuk berkuliah di Taiwan, yuk, kita intip seperti apa sih biaya kehidupan dan transportasi di Taiwan.
Dalam artikel ini, PERPITA membagi taiwan menjadi 3 daerah yaitu, utara (北部), tengah (中部), dan selatan (南部).
  1. Daerah utara (北部) terdiri dari: Taoyuan, Taipei, Keelung, Hsinchu, Miaoli, Yilan, Hualien, dan Taitung.
  2. Daerah tengah (中部) terdiri dari: Taichung, Changhua, Yunlin, dan Nantou.
  3. Daerah selatan (南部) terdiri dari: Chiayi, Tainan, Kaohsiung, dan Pingtung.

Source: http://belajarmandarin15.blogspot.co.id/2017/05/nama-wilayah-bagian-taiwan.html

Dari setiap daerah kami mengambil 1 representatif kota untuk memberikan teman-teman gambaran mengenai perbedaan biaya kehidupan yang dibutuhkan pada ketiga daerah ini. Ketiga kota ini merupakan 3 kota terdepan di Taiwan dalam berbagai sisi dan juga merupakan kota yang paling banyak dihuni.
Representatif bagian utara adalah Taipei (台北) yang merupakan ibu kota dari Taiwan, representatif bagian tengah adalah Taichung (台中) yang merupakan kota industri dengan berbagai destinasi menarik untuk liburan, dan representatif bagian selatan adalah Kota Kaohsiung (高雄) yang merupakan kota kedua terdepan setelah Taipei.
Di bawah ini adalah sebuah ilustrasi singkat mengenai biaya konsumsi, transportasi, tempat tinggal (kos), dan biaya kebutuhan sehari-hari untuk setiap bulannya:

Biaya tempat tinggal di atas merupakan perbandingan biaya kos di ketiga daerah. Akan tetapi mahasiswa/i pada umumnya tinggal di asrama yang disediakan oleh universitas. Biaya asrama tidaklah berdasarkan dengan daerah tempat tinggal namun bergantung pada jenis universitas yaitu, universitas negeri atau universitas swasta. Biaya asrama di universitas negeri berkisar antara NT$4,000 - NT$10,000 per semester dan biaya asrama di universitas swasta berkisar sekitar NT$10,000 per semester.
Ilustrasi di atas hanya merepresentasikan satu kota untuk setiap daerah di Taiwan. Akan tetapi tidak semua kota di daerah yang sama membutuhkan biaya yang sama persis dengan contoh di atas. Contohnya, Taoyuan (桃園) yang juga merupakan kota yang terletak di bagian utara mempunyai biaya kehidupan yang lebih murah daripada Taipei. Namun, pada dasarnya biaya hidup di bagian utara lebih besar dibandingkan bagian tengah dan selatan. Dan bagian tengah membutuhkan biaya yang lebih besar dibandingkan bagian selatan.  Selain itu, biaya pengeluaran juga tergantung pada masing-masing individu sesuai kebutuhan.
Hal yang menarik dari ilustrasi di atas adalah pengeluaran transportasi di Taichung hanya sebesar NT$0. Dikarenakan tarif bus di Taichung gratis jika teman-teman berpergian dengan jarak kurang dari 10 km. Biasanya mahasiswa/i tidak berpergian lebih dari 10 km dengan bus untuk sehari-hari karena tempat-tempat yang memenuhi kebutuhan sehari-hari relatif dekat. Namun jika harus menempuh lebih dari 10 km maka akan dikenakan biaya sebesar NT$2.5/km.
Mari kita lihat dengan pengeluaran transportasi seperti di atas, fasilitas transportasi apakah yang akan di dapat? Dibawah ini adalah sebuah ilustrasi yang menggambarkan fasilitas transportasi yang tersedia di ketiga kota tersebut:

Taipei

Taxi, bus, Ubike, MRT

Taichung

Taxi, bus, Ubike, BRT

Kaoshiung

Taxi, bus, citybike, MRT, tram

Taipei merupakan kota dengan transportasi yang paling nyaman di Taiwan. Dari waktu menunggu yang relatif cepat, akses transportasi ke segala tempat di Taipei, dan persediaan transportasi dengan waktu yang cukup panjang. Taichung dan Kaohsiung merupakan kota dengan transportasi terbaik di daerahnya masing-masing. Kota-kota lain di bagian tengah dan selatan Taiwan ada juga yang tidak memiliki ubike dan mrt, waktu menunggu bis juga relatif lama dan stasiun bus sangat terbatas. Beberapa kota juga tidak terlalu maju sehingga tempat-tempat umum seperti supermarket, sekolah, dan restoran jaraknya berjauhan. Oleh karena itu, ada beberapa kota di Taiwan yang mengharuskan penduduknya untuk mempunyai sepeda motor agar bisa memenuhi kebutuhannya.
Taiwan merupakan negara kecil berukuran 36,197 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 23,550,077 jiwa. Oleh karena itu berpergian jauh mengelilingi Taiwan sangatlah mudah. Di bawah ini merupakan fasilitas transportasi umum jarak jauh: