Kebudayaan yang beragam, lingkungan asri serta pendidikan yang dijunjung tinggi membuat Taiwan sebagai salah satu destinasi favorit untuk berkuliah. Bagi teman-teman yang tertarik untuk berkuliah di Taiwan, kali ini PERPITA akan menyediakan informasi mengenai jalur masuk universitas di Taiwan.
Pertama-tama, teman-teman bisa memilih status mahasiswa yang diingini. Di Taiwan terdapat 2 jenis status mahasiswa yaitu:

Jalur masuk universitas untuk kedua status ini tentu berbeda. Berikut adalah macam-macam jalur yang disediakan untuk kedua status mahasiswa:

僑生

Overseas Chinese Student


僑生 atau yang disebut sebagai Overseas Chinese Student tersedia 4 jalur yaitu 個人申請, 印輔班, 僑大, dan僑中. Teman-teman bisa memilih salah satu jalur untuk diikuti. Selain itu ketiga jalur (個人申請, 印輔班, 僑大) juga bersifat berkelanjutan. Dalam arti bahwa, jika gagal pada 1 jalur maka teman-teman akan dialihkan kepada jalur selanjutnya.
Bagi teman-teman yang tertarik dan ingin mengetahui lebih lanjut ataupun ingin langsung mendaftarkan diri untuk ketiga jalur di atas, teman-teman dapat menghubungi Organisasi Ikatan Citra Alumni Taiwan seIndonesia atau ICATI (http://icati.org/).

Dalam mendaftar, kalian mendapatkan 3 pilihan universitas yang kalian inginkan. Kalian hanya perlu mengirimkan rapor SMA dan portfolio melalui ICATI. Untuk jalur ini, diutamakan untuk orang Indonesia yang berketurunan Tionghoa. Sehingga, diperlukan arsip diri sendiri/ keluarga yang menunjukkan bahwa dia/ mereka merupakan keturunan Tionghoa.

Belajar selama kurang lebih 1.5 bulan di Taiwan untuk persiapan ujian masuk universitas. Biasanya, masa belajar dimulai pada bulan Juni atau Juli setiap tahunnya. Mata pelajaran yang diujiankan terdiri dari Bahasa Mandarin, Matematika, dan Bahasa Inggris. Sebelum masa pembelajaran dimulai, akan diadakan placement test terlebih daulu untuk penempatan bahasa Mandarin. Dimana, kelas akan dibagi berdasarkan tingkat kemampuan bahasa mandarin.

Fondasi universitas selama 1 atau 2 tahun yang diakhiri oleh ujian masuk universitas. Masa sekolah dimulai dibagi menjadi dua, spring dan fall. Untuk program 2 tahun akan diselingi oleh kelas bahasa, dan untuk program 1 tahun akan langsung mengikuti kelas bimbingan. Di jalur ini, para murid akan belajar bersama murid Overseas Chinese lainnya seperti Malaysia, Hongkong, Macau, dan sebagainya.

Jalur National Overseas Chinese Senior High School (國立華僑高級中等學校) atau yang biasa di sebut 僑中 merupakan sekolah SMP dan SMA di Taiwan khusus untuk murid-murid yang berkewarganegaraan asing. Tidak hanya murid yang kewarganegaraan Indonesia yang tertarik untuk mendaftar jalur ini tetapi juga terdapat murid-murid dari berbagai negara seperti Malaysia, Vietnam, Korea, Jepang, Amerika dan lain-lain. Jalur masuk 僑中 dari Indonesia biasanya menggunakan agen yang sudah mempersiapkan segala hal mulai dari visa sampai persiapan bahasa berupa les sebelum keberangkatan. Setibanya di Taiwan, murid-murid akan melalui ujian untuk menentukan apakah mereka dapat langsung masuk SMP/SMA atau harus melalui fondasi bahasa terlebih dahulu selama 1 tahun. Walaupun belajar di 僑中 jauh dari pengawasan orang tua, namun keamanan siswa-siswi merupakan suatu hal yang tidak perlu di khawatirkan. Siswa dan siswi di 僑中 sebagian besar tinggal di asrama yang sudah disediakan, setiap harinya mereka di wajibkan untuk pulang sebelum jam tertentu (Senin-Jumat pukul : 21:30 dan Sabtu-Minggu  : 22:00). Murid-murid yang ingin mendaftarkan diri ke 僑中 juga harus mempunyai wali atau pendamping yang tinggal di Taiwan seperti saudara ataupun kenalan sebagai penjamin. Jika siswa/siswi ingin menginap di luar asrama ataupun akan pulang melebihi jam malam, mereka harus mempunyai ijin dari pendamping dan pendamping harus memberitahu pihak sekolah. Murid-murid biasa memulai kelas pada pukul 7:30-20:00 pada hari senin-kamis dimana pukul 18:00-20:00 merupakan tambahan kelas dan pada hari jumat kelas dimulai dari pukul 7:30-17:00. Walaupun jadwal sekolah cukup padat seperti jadwal sekolah murid-murid Taiwan pada umumnya, 僑中 juga menyediakan banyak fasilitas untuk murid-murid berkarya. Mulai dari lapangan basket, voli, badminton sampai tennis semua tersedia. Murid-murid juga dapat bergabung ke dalam klub sekolah untuk menekuni hobi dan talentanya. Tidak hanya berolahraga namun masih banyak lagi klub-klub yang bisa diikuti seperti musik, drama ataupun bidang akademis.


外籍生

International Student


Teman-teman bisa mendaftarkan diri langsung ke universitas yang diinginkan. Dimana setiap universitas mempunyai syarat dan ketentuan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, diharapkan agar teman-teman dapat mencari tahu terlebih dahulu mengenai sistem pendaftaran masing-masing universitas. Biasanya, pendaftaran akan dimulai pada awal tahun untuk masa pembelajaran yang dimulai dari bulan September di tahun yang sama.